Bahaya Mengkritik

APAKAH KRITIK ITU BERBAHAYA? DAN, BAHAYA SEPERTI APA YANG DITIMBULKAN OLEH KRITIKAN??

Untuk menjawab pertanyaan diatas, saya akan menunjukkan sebuah wacana yang saya kutip dari buku karya Dale Carnegie yang berjudul How to Win Friends and Influence People.

Berikut wacananya :

"John Wanamaker, pendiri toko-toko Amerika yang memakai namanya, pernah mengakui: "saya sudah belajar tiga puluh tahun yang lalu bahwa sungguh bodoh untuk memarahi orang lain. Saya sudah mempunyai cukup masalah dalam mengatasi keterbatasan saya sendiri tanpa memperdulikan fakta bahwa Tuhan tidak membagikan secara merata kemampuan intelegensi seseorang."

Wanamaker mendapat pelajaran ini dengan cepat tapi saya(Dale) sendiri harus membuat kesalahan besar di dunia yang sudah tua ini selama sepertiga abad sebelum saya sadar bahwa sembilan puluh sembilan kali dari seratus, orang tidak mengkritik dirinya sendiri sama sekali, dan tidak peduli betapa salahnya apa yang sudah dilakukannya.

Hal ini juga berkaitan dengan kecerdasan emosi (emotional quotient) yang digagas oleh Ary G. Agustian. Kita sebagai umat manusia harus pintar-pintar mengendalikan emosi. Karena, dengan emosi yang meledak, seringkali kita melakukan hal-hal bodoh yang terkadang secara spontanitas keluar dari dalam pikiran kita. Alangkah baiknya kita mencoba untuk melepaskan belenggu-belenggu yang ada di dalam pikiran, sehingga dalam hal ini kita lebih mengandalkan kecerdasan emosi (emotional quotient) yang ada dalam pikiran kita.

Seperti yang telah diungkapkan oleh Dale, "99 dari 100 orang pada saat itu lebih memilih untuk tidak mengkritik dirinya sendiri, walaupun sudah melakukan banyak kesalahan". Daripada mengkritik diri sendiri, lebih baik bangkit dari kesalahan, dan kembali melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

Lalu bagaimana dengan mengkritik orang lain?

KRITIK adalah hal yang SIA-SIA karena menempatkan seseorang dalam posisi DEFENSIF dan biasanya membuat orang itu berusaha mempertahankan dirinya. KRITIK ITU BERBAHAYA, KARENA DAPAT MELUKAI RASA KEBANGGAAN SESEORANG, MELUKAI PERASAAN PENTINGNYA, DAN MEMBANGKITKAN RASA BENCI.

B.F. Skinner, seorang psikolog terkenal di dunia, membuktikan lewat pengalamannya bahwa, seekor binatang yang diberi hadiah karena tingkah laku baik, akan belajar jauh lebih cepat dan menyimpan apa yang dipelajarinya dengan jauh lebih efektif, dibandingkan seekor binatang yang dihukum karena bertingkah laku buruk.

Studi-studi berikutnya menunjukkan bahwa hal yang sama juga berlaku pada manusia. DENGAN MENGKRITIK, KITA TIDAK MEMBUAT PERUBAHAN YANG LANGGENG, MALAINKAN MENIMBULKAN RASA BENCI."

Dari wacana diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa, penting untuk kita bersama agar tidak mengkritik diri sendiri maupun orang lain.

Dorothy Law Noite, Ph.D mengungkapkan dalam sebuah tulisannya yaitu: "When people live under criticism, then that person will learn to judge and accuse". Artinya : "Bila orang hidup dibawah kritik, maka orang itu akan belajar menghakimi dan menuduh".




Sumber: Carnegie, Dale. How to Win Friend and Influence People. 1936





0 komentar:

Posting Komentar