Arduino

1. Pengertian Arduino 

Arduino adalah sebuah mikrokontroler yang berfungsi sebagai alat pengendali (control). Arduino memiliki ukuran yang bermacam-macam, diantaranya ada yang seperti kartu kredit, gantungan kunci, dan lain-lain. Prosesor yang disematkan pada arduino umumnya menggunakan produk buatan Atmel AVR. Hal ini dikarenakan prosesor Atmel dinilai mampu beroperasi secara maksimal. 

Saat ini telah banyak beredar berbagai jenis arduino, seperti Arduino Uno, Leonardo, Yun, Duemilanove, mega, dan lain-lain. Kesemua jenis arduino tersebut memiliki kelebihan dan kegunaannya masing-masing. Sebagai contoh, untuk dapat memanfaatkan fasilitas jaringan internet, maka arduino yang lebih cocok adalah jenis Arduino Ethernet. 

Ada banyak sekali kegunaan dan manfaat arduino, diantaranya: sebagai pengendali mp3 player, pengontrol motor, mesin CNC, monitor kelembaban tanah, pengukur jarak, penggerak servo, balon udara, pengontrol suhu, monitor energi, pembaca RFID, drum elektronik, GPS logger, dan masih banyak lagi.


Arduino dapat diprogram sesuka hati. Dengan memanfaatkan aplikasi bernama IDE Arduino, maka aktivitas pemrograman dapat dilakukan dengan sangat mudah. IDE Arduino dapat diperoleh dengan gratis melalui situs resminya yaitu www.arduino.cc, atau dapat juga di download di sini



2. Kelebihan dan Arduino

Kelebihan arduino meliputi:
  1. Arduino merupakan mikrokontroler yang berukuran kecil, seperti kartu kredit, sehingga arduino dinilai sangat praktis dan dapat dibawa kemana-mana. 
  2. Harga arduino relatif murah. 
  3. Bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, dan dilengkapi dengan kumpulan library yang cukup lengkap.
  4. Fasilitas chip yang cukup lengkap, dan dapat digabungkan bersama modul atau alat lain dengan protokol yang berbeda-beda. 

untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca di situs resminya, www.arduino.cc.


0 komentar:

Posting Komentar